Trik Mengemas Barang Bawaan Saat Mudik

– Trik Mengemas Barang Bawaan Saat Mudik | Perjalanan jauh lancar, aman dan nyaman menjadi keinginan semua pemudik yang menuju kampung halaman. Hal tersebut tidak terlepas dari persiapan yang matang, baik teknis kendaraan maupun kesiapan fisik dan psikir pengemudinya.

Untuk membawa barang bawaan pun punya trik tersendiri. Bertepatan dengan pelepasan program Astra Holiday Campaign (AHC) kemarin, Astra Groupmemberikan tips mengemas barang bawaan (packing) saat hendak mudik. Berikut tips mengenai Trik Mengemas Barang Bawaan Saat Mudik, antara lain:

  1. Tentukan tujuan dan rute perjalanan yang akan Anda tempuh. Ini membantu menentukan barang-barang apa saja yang harus terangkut di dalam mobil.
  2. Setelah itu, buatlah daftarnya dan mulai menginventarisir. Saat menyusun daftar jangan lupa untuk menyesuaikan kapasitas bagasi dan daya angkut mobil. Penyesuaian ini penting agar tidak muncul risiko buruk saat mobil diajak bermanuver atau melakukan pengereman.
  3. Klasifikasikan barang bawaan dalam dua kategori besar. Pertama, barang yang tidak dipakai selama perjalanan (oleh-oleh, pakaian selama berlibur dan sebagainya). Kedua, barang yang kemungkinan besar diperlukan pada saat perjalanan (peta mudik, ponsel, cemilan, obat-obatan, buku bacaan, kaset, CD, satu atau dua potong baju/celana jika perlu ganti saat perjalanan dan lain-lain).
  4. Tempatkan barang kategori kedua di area yang mudah dijangkau agar tidak perlu bongkar muat selama perjalanan.
  5. Prioritaskan barang bawaan yang berat di posisi bawah.
  6. Hindari penumpukan barang yang berpotensi mengganggu daya pandang pengemudi.
  7. Bila perlu, gunakan cargo net untuk menjaga barang bawaan tetap pada tempatnya meski terguncang sekalipun.
  8. Demi alasan stabilitas mobil dan dapat mengganggu pengendara lain, membawa barang di atas atau roof rack kurang dianjurkan. Seandainya pun terpaksa menempatkan barang di atas, pastikan terikat kencang, tinggi sewajarnya dan tertutup rapat.

Tinggalkan Komentar