Pengertian Meta Description Lengkap Dengan Fungsinya

Dalam membuat artikel SEO, anda pasti sudah tak asing lagi dengan meta description. Istilah ini seringkali ditemukan saat membuat artikel SEO pada blog. Meta ini memiliki peranan yang sangat penting seperti judul dan tag. Dengan adanya meta, maka jumlah pengunjung artikel bisa semakin meningkat. Untuk lebih mengenal meta, ada baiknya anda simak pengertian lengkap dengan fungsinya berikut ini.

Pengertian Meta Description

Meta description merupakan atribut HTML yang berperan penting dalam memberikan penjelasan singkat tentang isi dari halaman web.

Dengan adanya meta deskripsi, maka anda bisa lebih mudah dalam menampilkan gambaran singkat mengenai halaman tersebut. Istilah ini banyak digunakan pada hasil pencarian mesin pencari (HPMP). Dikarenakan peranan meta deskripsi sangat penting, maka anda tak boleh asal-asalan dalam membuatnya.

Saat membuat meta deskripsi, pastikan anda menyertakan keyword agar sesuai dengan kaidah SEO.

Hanya saja, jangan menambahkan keyword terlalu banyak karena beresiko terblokir. Selain itu, pastikan anda memperhatikan panjang kata yang dianjurkan pada meta deskripsi. Dalam membuat meta deskripsi, anda juga harus menuliskan kata-kata yang bermanfaat agar bisa meningkatkan CTR (Click Through Rate). Pastikan anda membuat meta deskripsi yang bisa mengundang banyak pengunjung untuk membuka artikel SEO anda.

Fungsi Meta Deskripsi

Selain pengertian, ada baiknya jika anda juga lebih mengenal apa saja fungsi meta deskripsi. Adapun fungsi dari meta deskripsi yaitu sebagai snippet deskripsi dari daftar hasil pencarian yang ditampilkan pada pengguna Google. Snippet ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya apabila anda membuat deskripsi konten yang jelas. Pastinya deskripsi tersebut juga sesuai dengan keyword yang dicari oleh pengguna Google.

Perlu untuk anda ketahui bahwa meta deskripsi akan disimpan secara otomatis pada database Google sama halnya title tags.

Lebih dari itu, fungsi meta deskripsi juga bisa lebih maksimal apabila anda membuat deskripsi yang unik. Adapun yang dimaksud unik yaitu meta deskripsi tersebut tak digunakan pada halaman lainnya.

Apabila meta deskripsinya sama, maka Google akan menilai jika kontennya juga sama. Hal ini tentu saja menurunkan kualitas artikel SEO yang sudah anda buat. Mengenai bagaimana cara membuat meta deskripsi yang unik agar fungsinya optimal, anda bisa mengaktifkan search description.

Pentingnya fungsi meta deskripsi tak hanya bisa dirasakan saat membuat artikel SEO di WordPress saja, akan tetapi juga Blogger. Dalam hal ini, anda harus menghindari pembuatan meta deskripsi secara langsung dengan plugin. Alangkah baiknya jika anda menerapkan plugin meta deskripsi kosong yang bisa anda isi secara manual. Dengan demikian, kualitas artikel SEO yang anda buat bisa lebih baik.

Dari review mengenai pengertian dan fungsi meta description di atas, anda tentu saja bisa lebih mengenali istilah tersebut. Dengan demikian, anda bisa lebih memaksimalkan penggunaan meta deskripsi dalam pembuatan artikel SEO untuk tujuan pemasaran online. Jasa Seo jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *